Virall!! Bocah di Magelang Terkena Stroke Karena Game Online

Stroke Karena Game Online

Virall!! Bocah di Magelang Terkena Stroke Karena Game Online

Seorang bocah lelaki di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dilaporkan menderita gangguan saraf karena kecanduan bermain game online. Kaki, lengan, dan lehernya terlihat bergerak tak terkendali dalam video yang sekarang viral.

Halaman Facebook Bospedia.com, yang mengunggah video, kemudian menambahkan panggilan untuk menggunakan smartphone dengan bijak. Video yang diunggah pada Kamis (22/8/2019) itu viral dan membuat sebagian besar warga khawatir.

Namun, apakah benar gangguan yang dialami oleh bocah itu disebabkan oleh permainan?

Penjelasan

Ketua Masyarakat Anti-Pencemaran Nama Baik Indonesia (MAFINDO) Muhammad Jawy menjelaskan bahwa bocah itu ada di puskesmas ketika dia direkam hingga video itu viral. Di halaman Facebook-nya, Sabtu (24/8/2019), ia juga menyertakan foto surat pernyataan dari Puskesmas Dukun terkait dengan kondisi bocah itu.

Ada tiga poin klarifikasi dari puskesmas yang tercantum dalam pernyataan. Dikatakan bahwa dokter puskesmas tidak mengetahui adanya penembakan ketika anak lelaki itu menunggu untuk diperiksa.

Selain itu, puskesmas membantah mendiagnosis bocah yang mengalami gangguan karena permainan online. Karena itu, mereka meminta masyarakat untuk berhenti menyebarkan video.

1. Pada saat acara perekaman, dokter puskesmas tidak tahu bahwa ada rekaman video.

2. Puskesmas tidak pernah memberikan rujukan diagnosis karena game online.

3. Kami dari puskesmas mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mendistribusikan video lagi, karena itu akan mempengaruhi psikologi anak, “kata pernyataan di surat itu, yang ditandatangani oleh Kepala Puskesmas DUkun Dr. Didik Guntur Saputra.

Laptop Gaming Acer Predator Dijual $ 200 oleh Intel Gamer Days di Amazon

Selain itu, keluarga juga telah menyatakan hal yang sama, diwakili oleh sepupu pasien, yang menggunakan akun Facebook Shifara Branded Kids. Dia menjelaskan, Jumat (23/8/2019), sepupunya yang lebih muda telah dirawat oleh dokter spesialis. Kondisi mentalnya normal setelah memeriksa.

Hasil pemeriksaan juga mengatakan bahwa pasien mengalami kelainan yang bukan disebabkan oleh kecanduan game online.

“Dokter mengatakan bahwa saudara perempuan saya sakit ‘HEMIBALLISMUS’. Penjelasan singkat dari dokter, Hemiballismus adalah infeksi bakteri yang menyerang sistem saraf, akibatnya menyebabkan gerakan di tangan dan kaki tidak terkendali,” tulis Shifara Branded Kids.

Berdasarkan percakapan layar obrolan di WhatsApp yang ia sertakan, infeksi bakteri yang menyerang pasien dipicu oleh demam dan sering makan terlambat. Dia juga menjelaskan bahwa saudaranya direkam oleh staf pusat kesehatan tanpa izin dari keluarga sambil menunggu untuk diperiksa.

“(Perekam video) mengklaim bahwa kakak saya sakit karena itu permainan online (seperti informasi wawancara dalam video). Itu sebelum kami memeriksa saudara perempuan saya ke dokter di bidangnya. Belum ada diagnosa dari dokter. ..” dia menambahkan.

Kesimpulan

Meskipun bermain game online terlalu sering tidak baik untuk kesehatan, tetapi gangguan yang dialami oleh anak-anak dalam video viral tidak disebabkan oleh game online. Karena itu, informasi yang mengatakan bahwa tubuh bocah itu bergerak tak terkendali karena kecanduan game online adalah hoax alias berita hoax.

One thought on “Virall!! Bocah di Magelang Terkena Stroke Karena Game Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close